Kamis, 18 Oktober 2012

(Tugas) ISD sebagai salah satu MKDU

sebelum kita masuk ke dalam materi lebih lanjut ada baiknya kita mengenal ISD itu sendiri , ISD adalah singkatan dari Ilmu Sosial Dasar .

Pengertian ISD
menurut saya , ISD itu sendiri memiliki pengertian yaitu ilmu yang menganalisa dan menyelesaikan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat yang dapat berupa teori yang berdasarkan aspek-aspek bidang yang lainnya.


Tujuan ISD
a.Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c. Menyadari setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
 (diambil dari blog http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/12/pengertian-tujuan-isd-dan-ips/#)

ISD dan IPS
1.Dilihat dari aspek yang mempelajarinya , ISD lebih didasarkan dan ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswa atau setingkatnya . sedangkan IPS sendiri sudah dapat kita temui di jenjang SD (sekolah dasar)
2.ISD didasarkan untuk mempelajari hal yang lebih terperinci , sedangkan IPS lebih untuk mempelajari secara luas dan kurang spesifik .
3.ISD bertujuan untuk membentuk moral mental serta kepribadian seseorang . sedangkan IPS untuk menambah ilmu dan meningkatkan intelektual kita.

Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
1. kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
2. konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
3. masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
(diambil dari http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/12/pengertian-tujuan-isd-dan-ips/#)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar